Tuesday, May 29, 2012

Kegiatan Malam Kamis-an Pengajian Anak-Anak Nurul Islam Ciledug
Membaca dan Bercerita

Setiap rabu malam kamis santri kelas 4 s/d 3 SMP (senior) mengikuti kegiatan tulis menulis. Mereka diajarkan tehnik-tehnik dasar menulis oleh Kak Fiyan Arjun, yang memiliki cukup pengalaman dalam dunia tulis menulis. Untuk mengimbangi dan menumbuhkan sereta meningkatkan kemampuan menulis, maka setiap kamis malam jum'at mereka mengikuti kegiatan membaca dan bercerita. Kegitan ini digawangi oleh bang Gugun.

Setiap santri "senior" diminta untuk memilih dan membaca satu buah buku cerita yang telah disediakan oleh beberapa orang donatur yang menyumbangkan buku dan uang zakat, shodaqoh untuk dibelikan buku bacaan/cerita yang bernlai moral dan akademis.

Setelah mereka membaca dan memahami isi cerita buku tersebut mereka diminta menceritakan buku tersebut kepada para santri  "junior", yaitu mereka yang masih berusia 6-9 tahun. Sebelumnya para santri "senior" diberikan contoh/modeling bagaimana cara membawakan cerita buku tersebut. Setelah dianggap cukup mereka diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menceritakan buku yang telah dibacanya kepada para santri "junior".

Nampak sekali keceriaan mereka membawakan cerita dan yang mendengarkan cerita. Tujuan dari pembelajaran seperti ini adalah memberikan kemampuan lancar membaca, memahami dan memberikan keahlian berkomunikasi, yaitu meyampaikan apa yang telah ia tahu dari buku yang ia telah baca dan mengembangkannya dengan apa-apa yang telah alami selama menjalani kehidupan.

Kegiatan yang baru pertama dilaksanakan ini insya Allah akan terus berlanjut, setelah menyaksikan semangat kakak yang bercerita kepada adiknya, ayo semangat, semoga kelak ada perubahan yang baik bagi kehidupanmu untuk menghadapi masa depan, amin.

No comments: