Monday, February 16, 2009

Fenomemena Atribut Partai

Fenomena Bendera Partai dan Kondisi Real Indonesia

Oleh: Gunawan


Bendera partai, stiker besar dan kecil, atau selebaran kertas yang menempel dan terpaku di mana tempat yang bisa ditempel dan dipaku menjelang pemilu, pilkada provinsi, kota, kabupaten, pemilihan lurah membuat semrawut wajah kota. Jika modal lebih banyak bias pasang baliho yang besar ditempat yang stategis. Inilah wajah Indonesia. Nampaknya kesemrawutan yang saya gambarkan di atas berbanding lurus dengan kesemrawutan perilaku para pemimpin bangsa dan calon pemimpin bangsa.

Setuju atau tidak tapi demikianlah adanya, tentulah jika mereka semua yang telah duduk dan menjadi “penguasa” juga pendikte kehidupan rakyat mau peduli dan sungguh-sungguh peduli tentu hasilnya akan berbeda. Tapi apa lacur, keinginan meraih kekuasaan dengan berjuta-juta alasan mengiasi bibir telah menutup mata-hati mereka yang kini berusaha menipu rakyat jelata.

Inilah Indonesia di mana kekuasaan adalah raja, jika sudah naik tak ingin turun, lihatlah wajah-wajah diantara mereka dari berbagai orde mereka ada, dari partai lain kepartai yang lainya dari partai gurem hingga partai gajah, intinya saya ingin berkuasa, usia tak menjadi masalah yang penting harta bias terus melimpah. Wajah para penguasa Indonesia tak jauh beda dengan semrawutnya bendera dan atribut partai yang ada dalam setiap sudut dan tembok kota. Inilah Indonesia, negeriku negeri yang para pemimpinnya dan mantan pemimpinya ga pernah akur apalagi rakyatnya. He..he..he..he…, ada yang mau menyanggah????

No comments: