Wednesday, August 11, 2010

Pintu Surga, Neraka dan Langkah-langkah Setan di Bulan Ramadhan

Pintu Surga, Pintu Neraka dan langkah-langkah Setan
Di Bulan

Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu. (Shahih Muslim No.1793)
Apa yang dimaksud dengan dibukanya pintu-pintu surga dan tertutupnya pintu neraka dan?setan-setan dibelenggu
1. Pada saat puasa orang berusaha membersihkan dan mensucikan dirinya dari segala perbuatan dosa, hal ini berarti ia sedang membuka pintu syurga.
2. Ketika manusia melakukan hal tersebut (point 1) secara otomatis mereka menutup pintu neraka dan membelenggu/mengunci jalan-jalan setan.
Di bulan Ramadhan justru setan-setan sedang gencar-gencarnya memburu orang-orang beriman yang berpuasa, dengan segala godaan, tipu rayu/muslihatnya. Orang yang berpuasa itu lapar, kita tahu orang yang lapar akan begitu mudah terprovokasi untuk marah, ini satu jalan setan. Godaan perut lapar sangat mempengaruhi otak manusia, berbagai jenis makanan, minuman yang ber-es menggiurkan di sepanjang jalan, membuat otak ini berfikir dan memberinformasi ke mulut manusia, maka berkatalah, wuiiih enaknya, ini satu dari jalan setan.
Godaaan setan akan datang dari berbagai arah, depan belakang, kiri, kanan, kecuali “atas”, maka ketika hati dan jiwa kita tertuju “keatas”. Ikhlas menjalankan pengabdian Ibadah ramadhan ini kepada-Nya, mau belajar dan mengambil hikmah dari pelajaran puasa ini, mau merealisasikan ruh/tujuan inti dari berpuasa yaitu menuju insan yang muttaqien, jiwa-jiwa yang muthmainnah, tenang, damai, lurus. Berarti kita sedang membuka jalan syurga dan menutup pintu neraka dan jalan-jalan setan.
Begitu kira-kira makna hadits tersebut di atas. Semoga kita semua diberi kekuatan untuk tetap istiqamah pada jalan kebenaran-Nya, amiin.

No comments: